Resep Sayur Rebung Tanpa Santan Pedas Spesial Telur Puyuh

Resep Sayur Rebung Tanpa Santan Spesial Asli Enak. Dimasak dengan tambahan telur puyuh menjadikan rasanya terasa lebih lengkap dan nikmat. Tidak semua orang mengetahui dengan tunas mudah dari bambu ini, yang ternyata memiliki kandungan protein dan asam amino yang bermanfaat untuk tubuh kita.
Resep Cara Membuat Sayur Rebung
Resep Rebung Pedas
Kuliner Bambu Rebung yang tak lain adalah anakan dari tanaman bambu (tunas bambu yang baru keluar dari tanah) bagian bambunya yang bisa dimakan. Ciri khas tanaman ini adalah berupa batang berongga dan beruas-ruas. Tumbuhan ini banyak sekali jenisnya dan mudah di jumpai di seluruh wilayah Indonesia. Tanaman bernama latin Dendrocalamus asper juga memiliki nama lain seperti buluh, aur, dan eru. Pada kondisi tanah dan klimatologi tertentu tempat hidupnya sangat mempengaruhi percepatan pertumbuhan tanaman ini. Pada daerah yang cocok tanaman ini dalam sehari mampu tumbuh sepanjang 24 inchi atau sekitar 60 cm. Dengan sistem rhizome yang unik dan bersifat dependen tanaman ini menjadi salah satu tanaman dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Rebung sudah sering digunakan dalam berbagai hidangan kuliner Asia, dan tersedia di supermarket dalam bentuk berbagai irisan, baik versi segar dan kaleng. Perlu pula untuk diketahui bahwa pucuk bambu raksasa (Cathariostachys gascarensis) mengandung sianida. Sedangkan yang dijual di supermarket adalah rebung yang memang sudah layak santap. Rebung bambu yang telah difermentasikan merupakan unsur penting dalam masakan di Himalaya. Di Assam, misalnya, itu disebut 'khorisa'. Di Nepal, rebung difermentasi dengan kunyit dan minyak, dan dimasak dengan kentang menjadi sajian yang biasanya menyertai nasi (alu tama).

Di Indonesia, rebung diiris tipis lalu direbus dengan santan (santan kental) dan rempah-rempah untuk membuat hidangan yang disebut Gulai rebung. Resep lain yang menggunakan rebung adalah Sayur Lodeh (sayuran dicampur dalam santan kelapa) dan lun pia (kadang-kadang ditulis lumpia: rebung goreng dengan sayuran dibungkus kulit lumpia). Acar bambu, digunakan sebagai bumbu, juga dapat dilakukan dari empulur dari tunas muda. Getah tangkai muda yang diambil pada musim hujan dapat difermentasi untuk membuat ulanzi (anggur yang manis) semacam minuman ringan. Daun bambu juga digunakan sebagai pembungkus untuk membuat masakan Pepes yang biasanya dibakar atau dipanggang. Di Sambalpur, India, karira (rebung di India disebut karira) difermentasi untuk mempersiapkan Kardi.  Rebung difermentasi digunakan dalam persiapan berbagai kuliner, terutama "amil", sup sayur asam. Rebung juga dibuat menjadi pancake, dengan menggunakan tepung beras sebagai bahan pengikatnya.

Adapun beberapa manfaat dari mengkonsumsi sayur rebung yang perlu kita ketahui diantaranya. Kandungan antioksidan untuk menangkal radiasi bebas, mengurangi resiko kangker, menjaga sel tubuh, mengurangi resiko stroke dan juga dapat membantu diet karena perut akan terasa kenyang lebih lama. Jadi dengan begitu, resep masakan ini tidak hanya enak untuk dimakan tapi juga menyehatkan untuk tubuh. Yang pasti bahannya murah banget dan biasanya kalau beli ibu-ibu langsung banyak.

Tapi khusus untuk yang menghindari makan santan karena alasan menjaga kadar kolesterol atau alasan lainnya maka tidak perlu khawatir. Masih ada Resep Sayur Rebung yang bisa dicoba tanpa menggunakan bahan santan. Cara membuatnya saja sangat sederhana, cocok buat yang tidak suka terlalu ribet. Kalau bahan utamanya "Rebung" pasti yang tinggal di desa terutam di jawa pasti lebih mudah ditemui kok.

Bahan:
  • 15 telur puyuh atau telur ayam juga boleh (rebus lalu goreng)
  • 1/4 Kg rebung (iris tipis panjang)
  • 5 buah cabai merah keriting (iris miring)
  • 8 cabai rawit
  • 4 siung bawang putih
  • Kecap ikan (secukupnya)
  • 3/4 sdm saus tiram
  • 1 sdt garam
  • Gula pasir (secukupnya)
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Minyak untuk menumis (secukupnya)
  • 150 ml air

Cara Memasak Rebung Pedas

  1. Panaskan minyak sekitar 2 sendok makan, mulai tumis bumbunya bawang merah, bawang putih dan cabai merah dan cabai rawit.
  2. Jika sudah layu dan harum, masukkan telur puyuh dan aduk agar bumbu tercampur berubah warna.
  3. Masukkan rebung, tambahkan juga saus tiram, kecap, gula, gara dan merica.
  4. Tambahkan air aduk lagi hingga rata dan tunggu hingga matang.
Untuk mendapatkan rasa masakan yang lebih enak coba rebus rebung yang sudah diiris tipis, lalu buang air dan rendam selama satu malam . Dengan begitu dapat menghilangkan rasa pahit yang biasanya dikeluhkan selama ini. Semoga dengan adanya Resep Sayur Rebung Tanpa Santan dapat menambah wawasan memasak didapur. Mau masak apa hari ini? sudah tidak bingung lagi kan.

Jasa Isi Konten Artikel Website
Temukan jasa penuis artikel untuk website anda onepage
bit.ly/PenulisArtikelOnline

Jasa Penulis Artikel Online
Solusi artikel untuk update konten terbaik
bit.ly/PenulisArtikelSEO

Jasa Artikel SEO Friendly
Jasa penulis artikel online bahasa indonesia seo friendly
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sayur Rebung Tanpa Santan Pedas Spesial Telur Puyuh