Resep Bubur Sumsum Hijau Mutiara Enak dan Lembut

Bubur Sumsum menjadi makanan lunak yang mudah dicerna dan dibuat dari bahan tepung beras. Cara membuatnya tergolong mudah untuk dipraktekkan dirumah sendiri. Sedangkan bagi orang sakit biasanya lebih sering menggunakan bahan beras yang di dicuci dan di rebus polosan biasa hingga hancur, tentu dengan komposisi air yang digunakan lebih banyak.

Sebutan bubur sumsum untuk makanan tradisional khas jawa ini adalah karena warnanya yang putih seperti warna tulang. Dari semua jenis bubur ayam, kacang hijau, jagung, ataupun bubur ketan pembuatan bubur sumsum juga sangat sederhana sekali. Hanya terdiri dari bahan dasar seperti tepung sagu santan dan gula merah serta daun pandan aroma wangi, rasa yang dihasilkan super lembut tidak nyangkut di tenggorokan. Tidak heran jika semua orang menyukainya mulai dari bayi hingga orang dewasa sekalipun.
Gambar Resep Bubur Sumsum Hijau Mutiara
RESEP BUBUR SUMSUM HIJAU MUTIARA

Pada kesempatan kali ini admin zonasedap.blogspot.com akan membagikan resep bubur sumsum hijau dengan mutiara agar lebih spesial . Terutama sebagai menu takjil saat bulan puasa sangat cocok untuk segera mengembalikan stamina tubuh dengan rasa manis alami gula jawa. Apalagi dinikmati dengan tambahan es saat musim panas rasanya sangat seger sekali. Dengan teksturnya yang lembut banget dengan aroma daun suji ataupun daun pandan menjadikan bubur sumsum hijau ini terasa gurih dan nikmat. Ikuti step by step cara membuatnya berikut ini serta bahan yang perlu dipersiapkan.

BAHAN :
  • Air untuk merebus mutiara (secukupnya)
  • 1 saset Biji mutiara
  • 50 gram tepung beras bebas (rose brand)
  • 500 ml santan dari (1 kara 65ml ditambah air perasan kelapa kental dan air)
  • 1 ikat daun pandan
  • 1 sdt garam (agar lebih gurih)
  • 1/2 sdt esens pandan

BAHAN KUAH :
  • 45 gram gula merah disisir halus
  • 45 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 ikat pandan

CARA MEMBUAT BUBUR SUMSUM HIJAU MUTIARA :
  1. Rebus mutiara ke dalam air yang sudah mendidih hingga warnnya yang putih berubah menjadi bening. Angkat dengan saringan lalu bilas dengan air dan tiriskan. Sisihkan dahulu
  2. Bagi santan menjadi dua bagian, larutkan sebagian tersebut dengan tepung beras. Aduk sampai benar-benar lembut dan tidak ada yang menggumpal ya. Separuhnya lagi rebus dengan tambahan garam, esens pandan dan daun pandan.
  3. Jika sudah mendidih kecilkan apinya dulu, lalu masukkan tepung beras perlahan sambil terus diaduk-aduk dengan cepat hingga mengeluarkan letupan-letupan kecil. Lakukan agak lama agar hasilnya tidak kasar dan tidak terasa bau tepungnya saat matang nanti. Angkat kalu sudah matang.
  4. Rebus semua bahan kuah jadi satu hingga mencair.
Sajikan bubur sumsum hijau dan mutiara ke dalam mangkuk. Siram dengan santan dan gula merah secukupnya. Beri tambahan es batu jika suka yang dingin. Selamat menikmati...
Jasa Isi Konten Artikel Website
Temukan jasa penuis artikel untuk website anda onepage
bit.ly/PenulisArtikelOnline

Jasa Penulis Artikel Online
Solusi artikel untuk update konten terbaik
bit.ly/PenulisArtikelSEO

Jasa Artikel SEO Friendly
Jasa penulis artikel online bahasa indonesia seo friendly
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Bubur Sumsum Hijau Mutiara Enak dan Lembut